SEKILAS INFO
: - Sabtu, 11-07-2020
  • 3 bulan yang lalu / TELP: 0821 4933 7997 / 0813 4800 7617
  • 3 bulan yang lalu / Barang: beras, gula pasir, minyak goreng, dan lain-lain. (Diantar / dijemput ke lokasi)
  • 3 bulan yang lalu / Donasi dapat berbentuk uang dan barang. Untuk donasi uang transfer ke Bank Kalbar Rek: 5525431047 An: PCNU LANDAK
Sehatkan Otak, Maka Manusia Seharusnya Bisa Hidup Hingga Usia 125 Tahun

Manusia adalah makhluk yang sejatinya dilahirkan untuk hidup sehat. Kondisi kesehatan manusia bergantung pada pikirannya sendiri. Dr. Haruyama menjelaskan bahwa pada otak manusia, sesuai dengan aktivitas yang dilakukannya, diproduksi bermacam-macam hormon. Hormon tersebut ada yang bermanfaat untuk kesehatan, namun tidak sedikit yang sangat merugikan kesehatan.

Ada beberapa tips dari buku The Miracle of Endorphine yang kami rangkum sebagai panduan untuk menyehatkan otak Anda.

Tips pertama, aktivasi otak kanan. Cara yang paling efektif dalam aktivasi otak adalah dengan berfikir positif. Orang yang berumur panjang adalah orang yang tidak pernah khawatir. Waktu yang paling efektif untuk berfikit positif adalah di fase sebelum tidur. Sebelum tidur, biasakan diri Anda untuk melepaskan diri dari realitas keseharian, lalu telusuri impian serta rencana Anda, atau selami kenangan yang menggembirakan.

Tips kedua adalah berpuasa. Berpuasa merupakan cara efektif untuk mengaktifkan otak kanan. Ketika Anda berpuasa, pada awalnya Anda akan merasakan sedikit menderita. Namun ada satu titik dimana tubuh Anda akan merasa nyaman, disitulah titik aktivasi otak kanan bekerja.

Tips ketiga adalah kontemplasi atau perenungan. Aktivitas ini dimaksudkan untuk menciptakan ketenangan dalam otak, sehingga otak mampu memproduksi hormon kebahagian dalam jumlah melimpah.

Kontemplasi yang dianjurkan Dr. Haruyama tidak melulu berupa meditasi. Bahkan yang rutin dijalankan oleh Dr. Haruyama sendiri adalah dengan berjalan kaki. Sambil berjalan kaki, beliau merenungkan tentang hal yang indah-indah.

Kontemplasi yang beliau anjurkan adalah untuk mengaktivasi otak kanan. Sebagaimana yang banyak disampaikan para ahli, otak kanan adalah otak yang berisi impian, fantasi, jiwa seni, rasa humor dan kreativitas. Berbeda dengan otak kiri yang memikirkan fakta dan data yang eksak. Bila otak kiri bisa mengakibatkan stress, maka aktivasi otak kananlah penangkalnya.

Intinya, kontemplasi dapat Anda lakukan dimanapun dan kapanpun, asal Anda melakukannya dengan tenang, senang dan nyaman.

Tips keempat adalah teknik relaksasi nafas dalam. Biasanya kita selalu bernafas dengan otomatis. Dengan teknik relaksasi nafas dalam Anda akan merasakan perasaan bahagia dan ketenangan sehingga hormon kebahagian dapat dikeluarkan. Prostalgandin yang berkumpul dibagian bawah paru akan dikirimkan dalam aliran darah. Senyawa ini dapat menetralkan oksigen aktif dan melebarkan pembuluh darah.

TINGGALKAN KOMENTAR